ANALISIS DAN PERANCANGAN SISTEM HOTEL

Rabu, 09 Februari 2011
1. Analisis Sistem


Analisis sistem didefinisikan sebagai penguraian dari suatu sistem informasi yang utuh ke dalam bagian-bagian komponennya dengan maksud untuk mengidentifikasikan dan mengevaluasi permasalahan-permasalahan, kesempatan-kesempatan, hambatan-hambatan yang terjadi dan kebutuhan-kebutuhan yang diharapkan sehingga dapat diusulkan perbaikan-perbaikan.

Tahap analisis sistem dilakukan setelah tahap perancangan sistem dan sebelum tahap desain. Tahap analisis merupakan tahap yang penting, karena kesalahan didalam tahap ini akan menyebabkan kesalahan juga ditahap selanjutnya.

Dalam analisis, mengidentifikasi masalah merupakan tahap awal yang harus dilakukan. Masalah dapat didefinisikan sebagai suatu hal yang menghambat proses untuk mencapai tujuan. Permasalahan yang ada harus ditindak lanjuti untuk ditemukan pemecahannya sebagai suatu alternatif agar suatu sistem dapat bejalan sesuai yang diharapkan dan tujuan sistem dapat tercapai.

2. Analisis Kelemahan Sistem
Untuk mengetahui kelemahan sistem maka diperlukan analisis yang terdiri dari yaitu analisis kinerja , informasi , ekonomi , pengendalian , efisiensi , dan pelayanan .

a. Analisis Kinerja 
Kinerja adalah kemampuan sistem dalam menyelesaikan tugas dengan cepat sehingga sasaran dapat segera tercapai. Kinerja dapat diukur dari jumlah pekerjaan yang dilakukan pada waktu tertentu dan rata-rata waktu yang tertunda diantara dua pekerjaan ditambah waktu respon untuk menanggapi pekerjaan tersebut. 

Permasalahan : Pada sistem lama sistem pemesanan melalui telepon membutuhkan waktu yang lama untuk menanyakan harga, fasilitas dan melakukan pemesanan.

b. Analisis Informasi 
Informasi merupakan komoditas yang krusial bagi pemakai akhir. Evaluasi terhadap kemampuan sistem infomasi dalam menghasilkan informasi yang bermanfaat perlu dilakukan untuk menangani masalah yang muncul. 

Permasalahan : Pada sistem lama informasi pemesanan yang dilakukan melalui telepon terkadang kurang akurat sehingga dapat menimbulkan kesalahan dalam pemrosesan data.

c. Analisis Ekonomi 
Adalah penilaian sistem didalam pengurangan dan keuntungan yang akan didapatkan dari sistem yang dikembangkan. Sistem yang diusulakn ini akan memberikan penghematan operasional dan meningkatkan keuntungan.
Permasalahan : Pada sistem lama biaya jangka panjang yang dibutuhkan akan cukup besar karena mengeluarkan biaya publikasi melalui media cetak.

d. Analisis Kontrol 
Pengendalian atau control dalam sebuah sistem sangat diperlukan keberadaannya, untuk menghindari dan dapat mendeteksi secara dini terhadap penyalahgunaan atau kesalahan sistem serta untuk menjaga keamanan data dan informasi. 

Permasalahan : Pada sistem lama pemesanan melalui telepon akan sulit untuk melakukan kontrol karena pemprosesan data masih dilakukan oleh manusia sehingga kemungkinan terjadinya kesalahan sangat besar.

e. Analisis Efisiensi 
Efisiensi berhubungan dengan bagaimana sumber daya yang ada digunakan seefisien mungkin dengan pemborosan yang paling minimal. 

Permasalahan : Pada sistem lama pemesanan secara manual kurang efisien karena perlu melakukan dokumentasi secara manual.

f. Analisis Pelayanan 
Merupakan peningkatan terhadap pelayanan yang diberikan oleh sistem. Dengan peningkatan pelayanan yang lebih baik dimaksudkan untuk meningkatkan kepuasan terhadap bisnis yang berjalan. 

Permasalahan : Pada sistem lama penyediaan informasi pada saat pelanggan melakukan pemesanan melalui telepon sangat terbatas, menyebabkan pelayanan informasi kepada pelanggan kurang maksimal.

0 komentar:

Posting Komentar

 
 
 
 
Copyright © Oes blog