Persija Permalukan Persib

Rabu, 30 Maret 2011

Persija Permalukan Persib

Kegagalan mendapatkan kemenangan menguburkan ambisi Persib menambah kado di ulang tahun yang ke-78.

Oleh Donny Afroni

Persija Jakarta tampil sebagai pemenang derby d'Indonesia setelah mengalahkan Persib Bandung 3-2 dalam lanjutan Superliga Indonesia 2010/2011 di Stadion Si Jalak Harupat, Jumat [18/3] malam WIB.


Kemenangan ini mengangkat posisi Persija satu tangga ke peringkat dua klasemen sementara menggeser Semen Padang. Tim Macan Kemayoran kini mengumpulkan poin 32 dari 16 pertandingan. Persija unggul satu poin dari Semen Padang yang telah menyelesaikan 17 laga.

Sedangkan kegagalan mendulang tiga poin membuat Persib tetap berada di peringkat 11 dengan koleksi nilai 19. Ketidakberhasilan mendapatkan kemenangan menguburkan ambisi Persib untuk menambah kado di ulang tahun mereka yang ke-78.

Persib dan Persija memperagakan permainan terbuka sejak wasit asal Malaysia Shokri Nor meniupkan pluit kick-off. Serangan silih berganti dilancarkan kedua tim untuk melakukan tekanan ke pertahanan masing-masing tim.
Laga memasuki menit ke-16, Persija sudah unggul lebih dulu melalui tendangan Bambang Pamungkas. Menyambut umpan silang Greg Nwokolo dari sisi kiri pertahanan Persib, Bepe melepaskan tendangan ke gawang Markus Horison.

Tertinggal satu gol, tuan rumah meningkatkan intensitas serangan. Sejumlah peluang didapat tim Maung Bandung, termasuk tendangan bebas Matsunaga Shohei yang bisa ditepis kiper Hendro Kartiko pada menit ke-33.

Serangan sporadis yang dilakukan Persib justru membuat mereka lengah di pertahanan. Berawal dari tusukan M Ilham dari sisi kiri pertahanan Persib, gelandang Persija ini lalu melepaskan umpan silang ke kotak penalti. Markus berusaha memotong bola, tapi mental ke arah Oliver Makor yang segera melepaskan tendangan keras.

Babak pertama pertarungan antara Persib dan Persija ini diselesaikan dengan skor 2-0. Persib pun berusaha mengejar ketertinggalannya dengan tetap memperagakan permainan agresif.

Upaya itu membuahkan hasil ketika laga memaasuki menit ke-50. Penetrasi Miljan Radovic membuat Toni Sucipto harus menjatuhkan pemain asing asal Persib itu di kotak terlarang. Shohei yang ditunjuk sebagai eksekutor berhasil memperkecil ketertinggalan menjad 2-1.

Sadar Persib bisa menyamakan kedudukan pasca mencetak gol, kubu Persija pun kembali bermain terbuka untuk memperbesar keunggulan. Usaha Persija itu dapat diwujudkan pada menit ke-69 oleh Bepe. Tendangan keras Markor itu lalu dibelokkan Bepe memakai tumitnya.

Persib kembali tersentak dengan keunggulan Persija. Pangeran Biru kembali menggenjot serangan ke pertahanan tim tamu. Harapan Persib untuk mengejar ketertinggalannya dapat diwujudkan pada menit ke-79.

Gol ini berawal dari upaya Hendro memotong umpan sundulan Shohei yang mengarah ke Cristian Gonzales, namun bola yang ditinju Hendro justru jatuh di depan Abanda Herman yang tidak membuah kesempatan untuk memperkecil ketertinggalan.

Di waktu tersisa, Persib berusaha menyamakan kedudukan. Sebaliknya, Persija justru sering kehilangan penguasaan bola. Kendati demikian, Persib tetap tidak mampu memanfaatkannya untuk menyamakan kedudukan. Hingga pluit panjang ditiupkan wasit, skor 3-2 itu tidak mengalami perubahan.

0 komentar:

Posting Komentar

 
 
 
 
Copyright © Oes blog