Rabu, 09 Februari 2011
Tujuan utama mata kuliah ini adalah bagaimana membuat/merancang suatu antarmuka bagi aplikasi yang ‘user friendly’. Salah satu kriteria yang harus dimiliki oleh aplikasi yang ‘user friendly’ adalah mempunyai antarmuka yang:
Enak dilihat
Mudah dioperasikan
Mudah dipelajari
User merasa senang menggunakan/menjalankan
Untuk membuat antarmuka yang memenuhi kriteria di atas, maka sistem harus dapat menangani piranti-piranti yang terhubung dengan sistem, misalnya piranti masukan (keyboard, mouse, dll), dan juga piranti keluaran, misalnya layar dan printer.
Saat ini alat bantu untuk membuat antarmuka sudah banyak tersedia. Banyaknya compiler-compiler bahasa pemrograman visual seperti Visual dBase, Visual Basic, Visual Delphi, Visual J/J++, Visual C/C++, merupakan bahasa pemrograman yang dapat dipakai mengembangkan aplikasi sekaligus membuat antarmuka berbasis grafis yang mudah digunakan.
Penggunaan alat bantu mempunyai kelebihan antara lain :
1. Antarmuka yang dihasilkan lebih baik, karena:
Bisa membuat prototipe
Perubahan cepat dilakukan
Sebuah aplikasi dapat mempunyai lebih dari antarmuka
Tampilan antarmuka lebih konsisten
Dapat merancang antarmuka sesuai keinginan
Memungkinkan pekerjaan dibagi sesuai keahian yang dimiliki
2. Program untuk antarmuka mudah ditulis karena sebagian besar ditangani oleh software yang bersangkutan.
Prinsip modularitas
Antarmuka bersifat ‘reuseable’ karena dapat memakai satu rancangan antarmuka untuk beberapa dialog
Spesifikasi dialog lebih mudah dinyatakan, divalidasi, dimodifikasi
About Me
Labels
- ansi (3)
- artikel (11)
- C++ (3)
- desain (1)
- Environment (1)
- Health (6)
- hot news (8)
- hotnews (1)
- imk (9)
- interfacing (1)
- komputer (1)
- linux (12)
- Motor-motor Listrik (1)
- organisasi komputer (1)
- penulisan ilmiah (1)
- persija (3)
- program pascal (8)
- resep masakan (12)
- teknik lingkungan (7)
- TIPS (4)
- tugas (1)
- UML (1)
Archives
-
▼
2011
(93)
-
▼
Februari
(49)
- Prosedur Sweeping Windows BAJAKAN
- Pembajakan Account Facebook dan Cara Mencegahnya
- Bagi yang Account Facebook di Crack
- program antrian tiket
- Membuat Recent Comment Di Blog
- Pengertian Jaringan Komputer
- INSTALASI UBUNTU 10.04 LUCID LYNX
- Siapa Calon Pengganti Hosni Mubarak?
- Resmi, Husni Mubarok Mundur
- RESEP – LUMPIA SEMARANG
- cara instal ubuntu di usb Flasdiks
- Cara instal dan membuka file rar di Ubuntu 10.04
- Resep Soto Aceh
- Resep Bakso Bakar
- Resep Bakso Kepiting Goreng
- Resep Daging Masak Taoge
- Resep Ayam Kukus Bumbu Kuning
- Resep Jus Anti Kolesterol
- Resep Jus Anggur Cola
- Resep Cake Cokelat Keju
- Resep Puding Karamel
- RESEP PUDING BUAH
- RESEP PUDING COKLAT
- program perkalian matrik
- program stack
- program antrian
- BAB IV GAYA DIALOG
- BAB III PEMODELAN SISTEM PENGOLAHAN MANUSIA
- BAB II ASPEK MANUSIA DALAM PEMROGRAMAN INTERAKTIF
- BAB II ASPEK MANUSIA DALAM PEMROGRAMAN INTERAKTIF
- Strategi Pengembangan Antarmuka
- Interaksi Manusia Komputer dalam Daur Hidup Pengem...
- Alat Bantu IMK
- Lingkup Bahasan IMK
- BaB 1 Pengertian IMK
- Program Mencari Luas Kerucut C++
- Program Mencari Luas Lingkaran & Volume Bola C++
- Program Bilangan Fibonaci C++
- parse
- Bagian 2
- Bagian 1
- ANALISIS DAN PERANCANGAN SISTEM HOTEL
- program cari_suku_fibonacci
- Program Konversi_Bilangan
- Program ganjil_genap
- Materi 1 Penulisan Ilmiah
- Daftar REPO Lokal Ubuntu 10.10 Maverik
- desain wearpack informatics engineering 09
- setting internet kartu 3 dimodem Huawei E220 Ubunt...
-
▼
Februari
(49)
Langganan:
Posting Komentar (Atom)
0 komentar:
Posting Komentar