Rabu, 09 Februari 2011
Masalah yang utama pada interaksi manusia komputer, dan suatu perbedaan khusus dibandingkan dengan area mata kuliah lain, hanya memerlukan sedikit pengetahuan dari mata kuliah lain. Meskipun, diakui seorang ahli pada suatu bidang, secara umum hanya ahli dalam suatu domain masalah yang terbatas. Cakupan bahasan ini, secara substansi lebih luas dari pengetahuan setiap kontributor individu.Bidang utama yang relevan dengan studi interaksi manusia komputer dapat diklasifikasikan sebagai berikut:
Teknik Elektronika; ilmu komputer
Ilmu ini menyediakan teknologi kerangka kerja untuk desain sistem manusia komputer. Karena berbicara mengenai komputer, khususnya dari sisi perangkat keras tidak terlepas dari pembicaraan mengenai Teknik Elektronika. Selain dari sisi perangkat keras, juga harus mengerti perangkat lunak berkaitan dengan sistem aplikasi yang akan dikembangkan. Bidang teknik elektronika merupakan bidang utama dalam kerangka perancangan suatu sistem interaksi mausia-komputer.
Psikologi
Psikologi perilaku dan kognitif dikonsentransikan dengan pemahaman perilaku manusia, persepsi, proses kognitif dan keahlian mengontrol motorik, dan mengajukan model proses tersebut yang dapat memberikan pengetahuan yang bermanfaat ke dalam metode pencocokan mesin terhadap pengguna manusia.
Pengalaman psikologi menyediakan teknik evaluasi formal untuk mengukur kinerja objektif dan opini subjektif dari sistem manusia-komputer.
Ergonomi
Ergonomi dikonsentrasikan lebih pada aspek fisik dari pencocokan mesin ke manusia, dan didukung suatu data antropometrik yang menyediakan pedoman dalam desain tempat kerja dan lingkungannya, papan ketik komputer, dan layar monitor dan aspek fisik dari alat-alat antarmuka antara manusia dan mesin.
Ilmu Bahasa
Komunikasi manusia-komputer secara definisi melibatkan penggunaan dari berbagai jenis bahasa, apakah bahasa itu merupakan ‘bahasa natural’, suatu bahasa barbasis perintah tunggal, berbasis menu, pengisian formulir, atau suatu bahasa grafis. Ilmu Bahasa adalah pelajaran mengenai bahasa dan aspek seperti halnya bahasa komputasi dan bahasa teori formal menimpa formalitas ilmu komputer, dan digunakan secara luas dalam spesifikasi formal dari dialog-dialog manusia-komputer. Teori komunikasi matematis, seperti halnya Usaha (Shannon, 1948) dan ‘Prinsip Usaha Manusia Terakhir’ (Zipf, 1949), juga menjadi jembatan antara ilmu bahasa, ilmu komputer dan teknik elektronika.
Sosiologi
Sosiologi dalam konteks ini dikonsentrasikan dengan studi dari pengaruh sistem manusia-komputer pada struktur lingkungannya.
Antropologi
Antropologi (Ilmu Manusia) dikonsentrasikan dengan studi dari interaksi manusia – komputer. Dimana interaksi ini dipengaruhi oleh teknologi yang ada (sebagai contoh di kantor), antropologi dapat menyediakan pengetahuan yang bernilai ke dalam aktifitas seperti, interaksi tim dengan sistem komputer, sebagai contoh tim kerja desain, kelompok penulis, dan lain-lain.
Desain grafis dan tipografi
Kemampuan estetika dari desain grafis dan tipografi adalah peningkatan yang penting terhadap desain sistem manusia-komputer sebagai pengguna antarmuka menjadi lebih fleksibel dan powerfull. Bagaimanapun, hal ini belum dapat diklaim untuk menjadi media baru yang tekstual dan penampilan grafik yang diunggulkan.
Jelasnya, tidak ada individu dapat diharapkan mempunyai pelatihan formal di semua bidang tersebut, walaupun permintaan cukup tinggi untuk orang dengan latar belakang multidisipliner, gabungan kemampuan sistem komputer dengan beberapa keahlian ilmu manusia. Suatu alternatif yang lebih realistis adalah untuk menuju ke suatu kesadaran akan tingkat pemahaman menyeluruh dari subjek bidang-bidang yang relevan, mungkin dikombinasikan dengan ilmu yang khusus dalam satu bidang atau lebih. Tingkat kesadaran dari ilmu pengetahuan adalah esensi khusus untuk insinyur dan ilmuwan komputer, yang secara mendasar diharapkan mendesain antarmuka pengguna-sistem sebagai bagian dari sistem proses desain secara menyeluruh.
About Me
Labels
- ansi (3)
- artikel (11)
- C++ (3)
- desain (1)
- Environment (1)
- Health (6)
- hot news (8)
- hotnews (1)
- imk (9)
- interfacing (1)
- komputer (1)
- linux (12)
- Motor-motor Listrik (1)
- organisasi komputer (1)
- penulisan ilmiah (1)
- persija (3)
- program pascal (8)
- resep masakan (12)
- teknik lingkungan (7)
- TIPS (4)
- tugas (1)
- UML (1)
Archives
-
▼
2011
(93)
-
▼
Februari
(49)
- Prosedur Sweeping Windows BAJAKAN
- Pembajakan Account Facebook dan Cara Mencegahnya
- Bagi yang Account Facebook di Crack
- program antrian tiket
- Membuat Recent Comment Di Blog
- Pengertian Jaringan Komputer
- INSTALASI UBUNTU 10.04 LUCID LYNX
- Siapa Calon Pengganti Hosni Mubarak?
- Resmi, Husni Mubarok Mundur
- RESEP – LUMPIA SEMARANG
- cara instal ubuntu di usb Flasdiks
- Cara instal dan membuka file rar di Ubuntu 10.04
- Resep Soto Aceh
- Resep Bakso Bakar
- Resep Bakso Kepiting Goreng
- Resep Daging Masak Taoge
- Resep Ayam Kukus Bumbu Kuning
- Resep Jus Anti Kolesterol
- Resep Jus Anggur Cola
- Resep Cake Cokelat Keju
- Resep Puding Karamel
- RESEP PUDING BUAH
- RESEP PUDING COKLAT
- program perkalian matrik
- program stack
- program antrian
- BAB IV GAYA DIALOG
- BAB III PEMODELAN SISTEM PENGOLAHAN MANUSIA
- BAB II ASPEK MANUSIA DALAM PEMROGRAMAN INTERAKTIF
- BAB II ASPEK MANUSIA DALAM PEMROGRAMAN INTERAKTIF
- Strategi Pengembangan Antarmuka
- Interaksi Manusia Komputer dalam Daur Hidup Pengem...
- Alat Bantu IMK
- Lingkup Bahasan IMK
- BaB 1 Pengertian IMK
- Program Mencari Luas Kerucut C++
- Program Mencari Luas Lingkaran & Volume Bola C++
- Program Bilangan Fibonaci C++
- parse
- Bagian 2
- Bagian 1
- ANALISIS DAN PERANCANGAN SISTEM HOTEL
- program cari_suku_fibonacci
- Program Konversi_Bilangan
- Program ganjil_genap
- Materi 1 Penulisan Ilmiah
- Daftar REPO Lokal Ubuntu 10.10 Maverik
- desain wearpack informatics engineering 09
- setting internet kartu 3 dimodem Huawei E220 Ubunt...
-
▼
Februari
(49)
Langganan:
Posting Komentar (Atom)
0 komentar:
Posting Komentar